Wibawa News


  • 31 Desember 2017 | 00:03 WIB
  • 00140 Kali Dilihat

Dewan Minta PDAM Utamakan Pelayanan

 Dewan Minta PDAM Utamakan Pelayanan

SOREANG, (WN.net) -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung meminta agar Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja untuk mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami tekankan pada mitra kerja PDAM agar mampu meningkatkan pelayanan pada masyarakat lebih baik lagi. Pendapatan itu nomor dua, yang utama itu pelayanan. Itu intinya dalam kunjungan kami ke PDAM Tirta Raharja," kata Ir. Aep Dedi, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, mewakili Ketua Komisi B, Franiko Imam Sagita SH., MH., usai kunjungan kerja ke PDAM Tirta Raharja, di Ruang Rapat Komisi B, Gedung Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung, Soreang.

Rombongan Komisi B yang dimpimpin Ketua Komisi B, Franiko Imam Sagita, termasuk Kordinator Komisi B yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H. Yayat Hidayat, beserta anggota, salah satunya Aep Dedi, Senin (18/12), melakukan kunjungan ke PDAM Tirta Raharja, perusahaan air minum milik BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Pemkab Bandung, yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.

Menurut Aep Dedi, perkembangan PDAM Tirta Raharja saat ini sudah bagus, termasuk manajemen maupun SDM-nya dalam pelayanan pada para pelanggannya, namun harus lebih ditingkatkan.

"Meski kita (Komisi B) salah satu tugas dan fungsinya bidang pendapatan, tetapi kita ke sana lebih menekankan pada segi pelayanan. Pelayanannya sudah baik, tapi harus lebih ditingkatkan, karena masih ada beberapa hal yang menjadi keluhan warga," tuturnya.

"Misalnya saja masyarakat sering mengeluh kalau musim hujan mestinya pasokan air lancar, tapi ini tidak. Ternyata kendalanya memang musim hujan air banyak, tapi kotor. Jadi perlu proses pengolahan yang cukup panjang," tukas Aep Dedi.

PAD Nomor Dua

Dalam kunjungannya yang diterima Direktur PDAM Tirta Raharja, kata Aep, dewan juga mendorong agar PDAM harus mengembangkan perusahaanya, sehingga kebutuhan air bersih bagi masyarakat bisa terlayani secara baik.

Saat ini masih ada sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung yang belum terlayani sambungan PDAM. Misalnya Kecamatan Paseh, meski berada di dataran tinggi, ternyata membutuhkan air PDAM.

Aep Dedi mengatakan,, saat ini PDAM Tirta Raharja mengalami perkembangan yang cukup baik.  Misalnya untuk cakupan pelayanan saat ini mencapai 69,92 % di wilayah Kabupaten Bandung, 17,59% di wilayah Kota Cimahi, dan 12,49% di Kabupaten Bandung Barat. Dengan realisaai sambungan per triwulan III memcapai 89.935 sambungan di 34 kecamatan  dari 50 kecamatan yang ditargetkan. Tinggal 16 kecamatan yang belum terlayani jaringan.

Dari segi pendapatan,  PDAM ini terus mengalami peningkatan. Hingga triwukan III 2017 total aset (nilai perolehan) mencapai  316,2251,782 (× 1.000). Sedangkan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kabupaten Bandung, sampai Desember 2017 mencapai Rp26,750 miliar.

"Kaitan PAD ini kita juga dorong, tapi jangan sampai PAD besar, sementara pelayanan pada masyarakat kurang. Ini kami tidak mau. Kami ingin dua sisi ini harus balance dan pelayanan itu lebih penting, PAD nomor dua, karena bila pelayanan baik, maka PAD juga bisa meningkat," papar Aep Dedi.

Dewan sendiri berharap, PDAM terus melakukan sosialisasi untuk mengembangkan perusahaanya. Terutama untuk proses pemasangan baru yang harus berkelompok minimal 200 orang atau 300 orang, dengan mengajukan proposal pada PDAM.

"Kenapa harus berkelompok dan tidak langsung, karena pemasangan instalasi mahal, diharapkan dengan berkelompok bisa langsung ready," tutur Aep Dedi.* deddyra

 

 

Berita Lainnya

  • Pemerintahan
    20 Oktober 2018 | 09:17 WIB

    Anggota Dewan Kaget, di Padasuka Banyak Anak Putus Sekolah

    SOREANG, (WN.net) -- Sungguh ironis dengan program pendidikan. Di zaman sekarang, ternyata masih banyak orangtua yang kurang respek terhadap pendidikan anaknya. Terutama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Di Desa ...

  • Pemerintahan
    17 Oktober 2018 | 08:33 WIB

    Anang Susanto Minta Pengguna Anggaran Kerja Lebih Serius

    SOREANG, (WN.net) -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung, Ir. H. Anang Susanto, MSi., meminta para pengguna anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bandung benar-benar bisa memanfaatkan ...

  • Pemerintahan
    16 Oktober 2018 | 08:15 WIB

    Reses, Dadan Konjala Usung Program SLRT

    SOREANG, (WN.net) -- Anggota DPRD yang satu ini manfaatkan masa reses melalui program pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) yang dibentuk melalui sistem layanan rujukan terpadu (SLRT). "Mengapa saya mengusung Puskesos, karena merupakan ...

  • Pemerintahan
    14 Oktober 2018 | 16:08 WIB

    Agus Syamsu Memilih Reses dengan Warga "Milenia"

    SOREANG, (WN.net) -- Setelah melakukan serangkaian kegiatan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung kini memasuki masa reses masa sidang I tahun 2018. Reses dilakukan di masing-masing daerah pemilihan ...

  • Pemerintahan
    11 Oktober 2018 | 08:39 WIB

    Sampai Detik Ini Kab. Bandung Belum Memiliki TPA

    SOREANG, (WN.net) -- Sampai detik ini Kabupaten Bandung belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA). Bahkan dalam setiap rapat pembahasan, seperti RKPD KUA APPS RAPBD, upaya pembangunan TPA itu selalu didiskusikan. "Saat ...

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net