Wibawa News


  • 24 Juli 2019 | 16:32 WIB
  • 00037 Kali Dilihat

Erwin Gunawan, "Pileg 2019 Sangat Menguras Energi"

 Erwin Gunawan,
Erwin Gunawan.* ist.

APA kata calon legislatif patahanana yang satu ini soal pemilihan legislatif Pemilu 2019? Menguras energi, itulah kesan bagi Erwin Gunawan.

Calon legislatif patahana yang berhasil lolos kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung ini mengaku, pemilihan legislatif lalu sampai menguras tenaga karena dia harus berjibaku untuk memperoleh suara signifikan di daerah pemilihannya. 

Di Dapil "neraka", Dapil 7 ia harus bersaing ketat dengan caleg lainnya, bahkan harus bersaing dengan caleg sesama partainya PDIP.

"Kesan pemilu serentak 2019 sangat menguras energi yang berbeda dengan pemilu sebelumnya, mungkin karena pemilunya secara serentak pileg dengan pilpres, sehinga sangat menguras energi," ujar anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung periode 2014-2019 ini, saat berbincang di sebuah hotel bilangan Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (22/7).

Erwin, sapaanya, saat itu baru saja menerima berkas salinan putusan penetapan calon anggota terpilih Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung pada acara penyerahan putusan penetapan yang di gelar KPU Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah periode ke dua 2019-2024 ini saya di PDIP mendapat suara terbanyak dan selama dua periode bisa dipercaya kembali oleh masyarakat untuk mengemban amanah dan kepercayaan masyarakat, khusuanya dapil 7. Mudah-mudahan doa dan dukungan semua pihak, saya bisa menjaga amanah dan menjalankan tugas, fungsi dewan sebaik-baiknya," harap Erwin.

Secara pribadi, Erwin mengucapkan terimaksih kepada rekan dewan di DPRD Kabupaten Bandung yang sudah sama-sama melaksanakan fungsi dewan.

"Salah satunya yang menjadi harapan kami, fungsi dewan sejatinya berjuang untuk Kabupaten Bandung yang lebih maju lebih bermartabat," tutur Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olah Raga, DPC PDIP Kabupaten Bandung ini.

Sebagai wakil rakyat tentunya berkaitan erat dengan aspirasi rakyat. Karena itu Erwin akan berusaha untuk memperhatikan aspirasi masyarakat itu.

Aspirasi masyarakat yang akan diserap di periode ini, ujarnya, sesuai fungsi dewan menampung, menyerap, dan lebih utamanya menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut.

"Periode kemarin alhamdulullah semua aspirasi warga terutama yang skala prioritas, khususnya fisik atau infrastruktur bisa diselesaikan. Kebetulan sekarang saya di Komisi A yang salah satunya juga membidangi pemerintahan, kami berusaha meningkatkan pelayanan terkait masyarakat sesuai fungsi pemerintahan," katanya.


Karena itu, ia berharap, ke depan pihaknya akan berusaha meningkatkan kinerja dinas terkait untuk pelayanan di setiap bidang. Termasuk bidang infrastruktur yang masih belum terealisir, ke depan harus menjadi skala prioritas.

"Alhamdulillah periode kemarin terkait aspirasi masyarakat banyak hal yang kami sudah perjuangkan, terutama yang paling banyak bidang insfrastruktur sebagian besar sudah terealisasi, tinggal yang belum akan diperjuangkan dan terealisasikan di periode sekarang," ucapnya.

Dalam pileg Pemilu 2019, dia memperoleh suara 11  ribu lebih, mengalami penurunan dibanding pileg 2014 yang memperoleh sebesar 14 ribuan. Makanya pemilu sekarang banyak menguras energi," akunya.
Penurunan suara pada Pemilu 2019, tuturnya, karena konsentrasi konstituen banyak terpengaruh pilpres, meski pilpres di tingkat kabupaten sampai desa kepentigannya terlalu jauh. Dengan gencarnya di media tentang isu-isu berita pilpres, maka tidak bisa dipungkiri pileg tersisihkan. 

"Tapi kiat saya, karena masyarakat masih membutuhkan wakil rakyat maka saya secara gencar menyosialisasikan di akar rumput, bagaimana manfaat wakil rakyat untuk masyarakat," imbuhnya.

Sebagai kader partai tentunya dia tidak lupa pada perahu partai yang membesarkannya, PDIP. Sebagai input ke partai, Erwin mengaku membawa tugas partai dan idiologi partai.

"Terkait partai, kami membawa tugas. Kami sebagai fraksi, kami sebagai kepanjangan tangan fraksi dan bisa dibilang di kepartaian kami sebagai petugas partai, tentunya kami membawa idiologi partai supaya bisa mewarnai di Pemerintahan Kabupaten Bandung," katanya.

"Hasil konfercab, konferda kemarin alhamdulillah saya dipercaya lagi sebagai wakil ketua bidang pemuda olah raga DPC PDIP Kab Bandung," ucap Erwin Gunawan. *deddy

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net