Wibawa News


  • 30 Juli 2019 | 10:14 WIB
  • 00088 Kali Dilihat

KBB Siapkan 10 Ribu Kalung Hewan Sehat Kurban

 KBB Siapkan 10 Ribu Kalung Hewan Sehat Kurban

KBB, (WN.net) -- Sebanyak 70 orang petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 4 Agustus 2019 akan diturunkan ke 340 lapak penjual hewan kurban untuk pemeriksaan hewan kurban.

Pemeriksaan tersebut, untuk memastikan hewan kurban domba/kambing  dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan kurban.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) pada Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, Wiwin Aprianti, Menurutnya, 70 orang petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan, dibantu 16 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan Unpad, serta 8 orang dokter hewan Rumah Sakit  Hewan (RSH) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Dalam pelaksanan pemeriksaan nanti, akan dibantu 16 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan Unpad dan 8 orang dokter rumah sakit hewan Pemprov Jabar,” kata Wiwin Aprianti menjelaskan di ruang kantornya, Senin (29/07/2019).

Sebelum tanggal 4 Agustus nanti petugas mulai turun ke lapangan, Wiwin menyebutkan, pada 31 Juli akan ada pelepasan petugas hewan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Berikutnya, 1 Agustus dilanjutkan kegiatan sosialisasi  persiapan kurban bersama Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.

“Kegiatan sosialisasi itu, akan dihadiri tokoh agama (ulama), aparat pemerintahan, dan petugas kurban, diperkirakan 300 peserta yang hadir,” jelasnya

Lebih jauh Wiwin menegaskan, untuk mengetahui hewan kurban itu bisa dinyatakan sehat dan layak, pihaknya telah menyiapkan 10 ribu kalung kesehatan kurban.

“Jadi masyarakat tidak usah ragu untuk memilih domba/kambing dan sapi di lapak untuk dijadikan hewan kurban, karena pihaknya telah memerikasa dan memberi logo kesehatan kurban,”

Untuk tahun ini, jumlah hewan kurban mengalami peningkatan. Terutama sapi, kenaikannya mencapai 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Sekitar 2.800 ekor sapi dan 8.000 ekor domba/kambing yang telah disiapkan untuk hewan kurban, semoga sampai Hari Raya Idul Adha nanti lancar,” pungkas Wiwin.*) bukhori

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net