Wibawa News


  • 01 Agustus 2019 | 10:57 WIB
  • 00057 Kali Dilihat

“Mindset” Pemuda Harus Diubah, Jadi Pencipta Lapangan Kerja

 “Mindset” Pemuda Harus Diubah, Jadi Pencipta Lapangan Kerja
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana.

SOREANG, (WN.net) -- Sedikitnya 100 pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP) di Kabupaten Bandung mengikuti workshop entrerpreneurial mindset.

Acara yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung ini berlangsung di Gedung Ormas, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (30/7-2019).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, Slamet Mulyana, mengatakan workshop tersebut merupakan pembinaan dan pelatihan terhadap generasi muda di Kabupaten Bandung untuk menjadi wirausahaan muda. 

"Mereka mendapatkan sumber informasi dari para nara sumber, mulai untuk mengubah mindset atau pemikiran mereka, kemudian juga mampu menjawab tantangan ke depan, serta membaca peluang apa yang harus mereka lakukan dalam era revolusi industri ke empat ini dalam kondisi digitalisasi," tutur Slamet Mulyana kepada wartawan usai membuka acara workshop.

Menurut Slamet, workshop ini tidak hanya memotivasi untuk merubah mindset para pemuda; tapi kedepanya mereka mau dan mampu untuk menggali dan mengembangkan sehingga pada akhirnya mereka mampu menjawab tantangan yang tidak hanya pencari kerja tapi bisa menciptakan lapangan kerja yang manfaat bagi dirinya dan orang lain.

Slamet memaparkan, workshop ini tidak hanya mengasah kemampuan untuk menjadi pebisnis, tapi memotivasi agar tumbuh dan berkembang untuk menciptakan lapangan kerja, sehingga tidak dibebani untuk mencari lapangan jerja tapi bisa menciptakan lapangan kerja. Kemudian untuk kemampuan membaca peluang memanfaatkan teknologi digitalisasi. 

Workshop bagi para pemuda ini dilaksankan setiap tahun. Bekerja sama dengan pihak pelaku bisnis dan perusahaan lainnya.

Nara sumber, antara lain dari HIPMI,  Kadin, tokoh pemuda atau pelaku usaha di Kabupaten Bandung. Pesertanya pemuda lulusan SMA sederajat dan mahasiswa dari berbagai wiiayah di Kabupaten Bandung.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kabupaten Bandung, Tendi Ihsana, mengatakan, workshop ini tujuannya untuk mendorong pemuda agar memiliki mindset yang tidak hanya mencari kerja, misalnya jadi PNS atau di perusahaan, tapi mereka dibangun agar bisa menciptakan lapangan kerja. 

"Diharapakan dengan pelatihan ini pemuda dibangun SDM-nya. Apalagi bupati menggelorakan program seribu kampung. Program seribu kampung ini bagaimana bisa terwujud bila SDM pemudanya tida tidak terbangun," ujar Tendi.

Tendi mengharapkan, pemuda di daerah harus dibangun dan harus termotivasi walaupun di sana ada potensi untuk mengembangkan ekonomi secara baik. Namun bila pemuda tidak diubah mindset-nya, maka tidak akan berjalan.

"Harapan kami ke depan, dengan pelatihan ini semua program visi misi bupati bisa terwujud secara bertahap untuk memotivasi pemuda," tutur Tendi.

Peserta pelatihan ini berasal dari tiap-tiap kecamatan yang dimotori Karang Taruna, KNPI, serta OKP lainnya. * deddyra

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net