Wibawa News


  • 01 September 2019 | 10:27 WIB
  • 00041 Kali Dilihat

Puluhan Jaringan Irigasi di KBB Diperbaiki

 Puluhan Jaringan Irigasi di KBB Diperbaiki

KBB, (WN.net) - Tahun ini Bidang Sumber Daya Air pada Dinas PU Bina Marga Kabupaten Bandung Barat ( KBB) hanya diberi anggaran Rp23 miliar. Anggaran tersebut diperuntukan dalam kegiatan rehabilitasi pemeliharaan jaringan irigasi, tanggul penahan tanah, data base, dan pemetaan jaringan irigasi.

Saat ini, 69 kegiatan di bidang sumber daya air sedang dalam tahap pekerjaan, bahkan ada yang telah selesai dikerjakan, diperkirakan tahapan pekerjaannya baru mencapai 80 persen.

“Tahun ini kita hanya bisa melaksanakan 69 kegiatan sesuai anggaran yang tersedia dari total Rp23 miliar,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air PU Bina Marga KBB, Anang Widianto, Jumat (30/8/2019)

Rp23 miliar itu, menurut Anang, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Bantuan Gubernur (Bangub), dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Jumlah itu menurun 10 persen dibandingkan pada 2018.

“Kalau tidak dibantu oleh Bangub dan DAK, anggran dari APBD tidak sesuai dengan rencana kerja (rencana kerja),”jelas Anang.

Untuk kegiatan rehabilitasi pemeliharaan jaringan irigasi, itu tersebar di 14 kecamatan, rata-rata nilai kegiatannya dibawah Rp200 juta. Sedangkan yang tender hanya ada tiga dari DAK.

“Dari 69 kegiatan, rata-rata penunjukan langsung (PL) dan tender hanya tiga lokasi,” pungkas Anang.*  Buhori

 

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net