Wibawa News


  • 05 September 2019 | 20:27 WIB
  • 00027 Kali Dilihat

Antisipasi Rabies, KBB Targetkan 3.000 Vaksin

 Antisipasi Rabies, KBB Targetkan 3.000 Vaksin

KBB, (WN.net) - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat  (KBB) melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) menargetkan akan memberikan 3.000 vaksin gratis terhadap hewan peliharaan  di wilayah KBB.

“Sasaran hewan yang akan diberikan vaksin antirabies adalah anjing, kucing, dan kera. Kita telah menyediakan vaksin antirabies,” kata Kepala Dispernakan KBB, Undang Husni Tamrin, didampingi Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Wiwin Aprianti, di kantornya, Rabu (4/9/2019)

Menurutnya, pemberian vaksin tersebut diberikan secara gratis (tidak dipungut biaya) dengan tujuan untuk mengantisipasi penyebaran rabies, karena sangat berbahaya.

“Keberadaan hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, dan kera, populasinya sekitar 4.000. Ini  semakin meningkat di wilayah KBB. Kalau tidak segera diatasi dengan vaksinasi, maka bisa menular pada manusia, yang mengakibatkan kematian,” jelas Undang.

Selain melakukan vaksinasi dengan menerjunkan 4 dokter hewan dan 14 paramedik veteriner , pihaknya sering memberikan pemahaman dengan sosialisasi pada pemilik hewan peliharaan. Dengan harapan, semakin banyak hewan peliharaan divaksin virus rabies, semakin banyak juga masyarakat yang terlindungi dari virus rabies.

“Mudah-mudahan dari populasi 4.000, bisa mencapai target 3.000 vaksin untuk hewan atau 70 persen,” harap Wiwin.*) Buhori

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net