Wibawa News


  • 06 September 2019 | 09:27 WIB
  • 00042 Kali Dilihat

Hari Koperasi Nasional, KBB Tampilkan UMKM Juara Jabar

 Hari Koperasi Nasional, KBB Tampilkan UMKM Juara Jabar
Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM KBB, Denny Buchori.* buhori

KBB, (WN.net) - Dalam memperingati Hari Koperasi Nasioanal ke- 72, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah), akan menggelar event dengan menampilkan para pelaku UKM  se-Bandung Barat dan UMKM Juara Jawa Barat, yang diselenggarakan Minggu, 8 September 2019, di Lapang Plaza Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

“Kita tampilkan 130 UMKM untuk menggelar prodak-prodak unggulan, seperti kuliner, craft, dan fashion,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM KBB, Ade Wahyudin, yang didampingi Sekretaris Dinas, Denny Buchori, di kantornya, Kamis, (5/9/2019).

Menurutnya, dari 130 peserta UMKM yang ditampilkan nanti, 100 peserta berasal dari UMKM juara Provinsi Jabar, dan 30 peserta lagi dari UMKM binaan kecamatan dan Kabupaten. Rata-rata para UMKM tersebut sudah naik kelas dalam omsetnya.

“Mereka nanti akan menampilkan produk unggulan, mulai dari kuliner, craft, dan fashion,” ujarnya

Selain menampilkan produk UMKM, sebut Ade, dalam Hari Koperasi ini digelar khitanan masal dan gerak jalan santai. Untuk khitanan masal, pesertanya sebanyak 30 anak, sedangkan untuk gerak jalan santai diikuti sebanyak 400 koperasi se-Kabupaten Bandung Barat.

“Itu satu koperasi 10 orang perwakilan. Kalau dihitung-hitung, jumlah peserta gerak jalan santai dari 400 koperasi dikali 10 orang per koperasi, berarti semuanya peserta ada 4 ribu,” jelas Ade.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM KBB, Denny Buchori, menambahkan, sampai saat ini perkembangan koperasi di KBB sangat bagus. Dari 660 koperasi di Bandung Barat, sekarang yang aktif hanya 430 koperasi.

“430 koperasi itu, hasil verifikasi kita (Dinas Koperasi dan UKM) dengan berbagai tahapan sesuai aturan yang ditentukan. Mereka rata-rata bagus dalam laporan Rapat Akhir Tahun (RAT), ” tambah Denny.*  Buhori

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net