Wibawa News


  • 11 September 2019 | 00:53 WIB
  • 00024 Kali Dilihat

H. Sugianto, Ketua Definitif DPRD Kab. Bandung 2019-2024

 H. Sugianto, Ketua Definitif DPRD Kab. Bandung  2019-2024
Ketua Sementara DPRD Kab. Bandung H. Yanto Setianto.* deddy

SOREANG, (WN.net) -- Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung,  Selasa (10/9), akhirnya mengumumkan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung periode 2019-2024. Hasil rapat paripurna tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat melalui Bupati Bandung.

Dalam paripurna tersebut,  disampaikan Ketua definitif, H. Sugianto, dari Partai Golkar sesuai ketentuan raihan kursi partai terbanyak. Wakil Ketua I, H Wawan R. dari PKS; Wakil Ketua II, Yayat Hidayat (Partai Gerindra); dan Wakil Ketua III, Hen Hen Asep Suhendar (PDIP). Selain itu, diumunkan  Ketua Fraksi  dari delapan fraksi parpol yang ada di DPRD Kabupaten Bandung.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bandung, H. Yanto Setianto, usai memimpin rapat paripurna mengatakan rapat paripurna pengumuman pimpinan definitif ini sudah sesuai mekanisme perundang-undangan, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No. 12 tahun 2018 dan Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.  

Yanto Setianto mengatakan, dalam pembahasan usulan penetapan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung itu, untuk posisi Ketua dan seluruh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung sesuai dengan urutan perolehan suara terbanyak pada pelaksanaan Pemilu 2019. 

Sebelumnya, katanya, melalui mekanisme PP dan UU tersebut, pimpinan sementara menyampaikan surat kepada pimpinan partai politik di DPRD Kabupaten Bandung. Selanjutnya, pimpinan partai politik mengajukan fraksi di DPRD Kabupaten Bandung.

Yanto Setianto mengatakan, hasil rapat paripurna itu, seluruh berkas dan surat-surat usulan penetapan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung sudah ditandatangani.

"Paling lambat besok (Rabu, 11/9/2019, Red.) sudah diajukan ke Bupati Bandung untuk diusulkan kepada gubernur Jawa Barat," kata Yanto kepada wartawan usai rapat paripurna.

Yanto berharap, dalam usulan penetapan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung itu untuk segera diproses, supaya cepat selesai.

"Itu bergantung gubernur, sehari atau dua harinya surat itu sampai ke gubernur Jabar melalui Bupati Bandung. Diharapkan, segera selesai," katanya.

Setelah selesai diproses, kata Yanto, selanjutnya pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung mengadakan agenda rapat paripurna.

"Pada rapat paripurna itu, pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung kembali disumpah lagi dan sekaligus dilantik," katanya.

Yanto berharap, proses pengajuan pimpinan definitif itu tidak lama. Ini supaya tidak menganggu kegiatan dan mekanisme di dewan. 

Disinggung adanya protes dari partai lain, Yanto mengatakan tidak ada protes karena itu berkaitan dengan persepsi dan pemahaman yang sudah diatur dalam PP.

"Sudah diselesaikan melalui musyawarah sesuai dengan aturan yang ada. Alhamdulillah, semua anggota DPRD Kabupaten Bandung yang mengikuti rapat paripurna memahami. Semua anggota DPRD dan Fraksi memahami aturan sesuai dengan peraturan UU tersebut. Mekanismenya seperti itu," jelasnya.

Menurutnya, dalam pembentukan alat kelengkapan dewan, bergantung pada pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung. Untuk alat kelengkapan dewan, katanya, surat keputusannya (SK) tidak dari pimpinan sementara DPRD Kabupaten Bandung.

Yanto mengatakan, pimpinan sementara sudah melaksanakan seluruh yang diamanatkan PP tersebut. Namun sebelum ada pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung, kegiatan di DPRD masih dipimpin oleh pemimpin sementara.

Yanto memaparkan, pimpinan sementara DPRD Kabupaten Bandung memiliki tugas atau fungsi empat poin. Pertama, pimpinan sementara memimpin rapat di DPRD Kabupaten Bandung. Ke dua, memfasilitasi pembentukan fraksi. Ke tiga, memfasilitasi penyusunan rancangan tatatertib sebagai pegangan acuan anggota DPRD Kabupaten Bandung bekerja selama lima tahun ke depan. Ke empat, memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bandung melalui rapat paripurna.

"Pimpinan sementara sudah melaksanakan seluruh yang diamanatkan PP. Sebelum ada pelantikan, kegaiatan dipimpin pimpinan sementara," katanya.* deddy

Berita Lainnya

  • @ 2016 wibawanwes.net

Portal Berita wibawnews.net